Kampung Srikaton Santuni 34 Anak Yatim

0
96
Kadis Sosial, Camat Anatkuha dan Kakam Srikaton, H. Suparmo, saat memberikan santunan anak yatim piatu.

ANAKTUHA – Memperingati Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, masyarakat dan perangkat Kampung Srikaton, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah (Lamteng), memberikan santunan kepada anak yatim piatu sebanyak 34 anak. Pemberian santunan merupakan hasil iuran infak dan sodaqoh dari para dermawan se Kampung Srikaton.

Selain santunan bagi anak yatim piatu, untuk memperingati Tahun Baru Islam 1439 H kali ini juga didadakan pengajian akbar oleh penceramah KH. Khoirudin Yusuf dari Bandar Lampung. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan merdeka kampung setempat dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Drs. H. Kusuma Riyadi, M.M, Camat Anaktuha, Fathul Arifin, S.IP, M.M, Kepala Kampung (Kakam) Srikaton, H. Suparmo dan masyarakat sekitar.

Kakam Srikaton, H. Suparmo, mengatakan pemberian santunan bagi anak yatim piatu seperti ini memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam. ”Semoga amal yang telah diberikan oleh para donatur menjadi pahala berlipat ganda karena doanya para anak yatim piatu,” kata H. Suparmo.

H. Suparmo menambahkan, tujuan pelaksanaan pengajian akbar ini untuk meningkatkan keamanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kemudian mempererat ukuwah dan silaturahmi antara masyarakat dengan perangkat Kampung Srikaton. Memperluas syiar islam ahli sunah wal jamaah. Pengajian yang digabung dengan pemberian santunan juga dapat membangun kepedulian sosial bagi anak yatim.

Kadis Sosial, H. Kusuma Riadi, Camat Anaktuha, Fathul Arifin, Kakam Srikaton, H. Suparmo dan masyarakat setempat pada pengajian akbar

Orang nomor satu di Kampung Srikaton ini mengatakan, kegiatan pengajian dan santunan anak yatim piatu memang rutin dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan tersebut bertujuan agar semangat hijrah terus berkobar, yakni semangat terus berkarya agar lebih maju dan sejahtera. Apalagi selain menyantuni yatim piatu setiap bulan ramadhan juga berbagi kaum duafa.

”Hal ini menunjukan kekompakan dan persatuan masyarakat di Kampung Srikaton, tetap terjaga dengan baik. Acara yang diadakan secara sederhana di lapangan merdeka kampung setempat, namun kegiatan santunan dan pengajian akbar cukup meriah. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya,” harap Suparmo.

Suparmo mengatakan, kegiatan ini, semata untuk menanamkan kepada masyarakat agar perduli terhadap sesama. Khususnya anak yatim piatu di Kampung Srikaton, yang membutuhkan. Kemudian menanamkan persatuan dan persaudaraan serta membangkitkan kembali semangat gotong-royong.

Kadis Sosial, Camat Anaktuha, Kakam Srikaton, H. Suparmo beserta istri setelah santunan.

”Saya mengajak masyarakat bersama-sama memaknai tahun baru islam ini dengan berhijrah dari kegelapan menuju cahaya islami dengan menebar kebaikan terhadap sesama. Saya berharap, setiap tahunnya semakin bertambah santunan yang diberikan kepada para yatim piatu di Kampung Srikaton. Kita tumbuhkan jiwa sosial dalam bingkai iman dan islam,” jelas Suparmo.

Sementara Plt. Kadis Sosial Drs. H. Kusuma Riadi, M.M, mengatakan, sudah saatnya kita saling menghargai saling asuh dan saling asih. Semua dapat kita lakukan jika kita bersatu, mari kita cari persamaan jangan membesarkan perbedaan. ”Saya mengapresiasi kakam, masyarakat dan perangkat kampung yang telah menggelar kegiatan seperti ini. Saya berharap kegiatan  ini bisa memotivasi seluruh kampung di Kecamatan Anaktuha dan Kabupaten Lamteng,” terang Kusuma.

Selain itu, H. Kusuma Riadi, juga memaparkan program-program Bupati Lamteng, H. Mustafa diantaranya ayo ronda, kampung kece, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya. Dan program sosial lainnya memberikan intensif bagi guru ngaji, marbot, membagikan beras bagi janda-janda tua dan lain sebagainya.(win/jar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here