Enam Parpol Diminta Lengkapi Berkas

0
99

TERBANGGIBESAR – Sebanyak enam Partai Politik (Parpol) diberikan tenggat waktu selama satu kali 24 jam untuk memperbaiki dan melengkapi berkas partai yang sebelumnya telah disampaikan ke KPU Lampung Tengah (Lamteng).

Ke-6 parpol itu masing-masing Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Republik, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Rata-rata perbaikan harus dilakukan karena KTP atau kartu tanda anggota (KTA) parpol tidak lengkap.

“Dari awal hingga hari terakhir penyerahan berkas ke KPU Lamteng, tercatat ada sembilan parpol yang berkasnya telah lengkap. Yaitu Nasdem, PDIP, PKS, Golkar, Partai Garuda, Partai Berkarya, Gerindra, Perindo dan Hanura. Ada juga enam parpol yang berkasnya perlu perbaikan, seperti PIKA, Demokrat, PAN, PPP, Partai Republik, dan PKB. Kita memberikan batas waktu perbaikan satu kali dua puluh empat jam terhitung 17 Oktober,” kata Komisioner KPU Lamteng Siti Khodijah, Selasa (17/10).

Sementara parpol yang terdapat pada Sistem Informasi Partai Politik (Parpol) namun tidak menyerahkan berkas, menurut Siti Khodijah, diketahui ada enam. Yakni PBB, PKPI, PPPI, Partai BINEKA, Partai Pemersatu Bangsa, dan Partai Rakyat.

Masih dikatakan Siti Khodijah, semua parpol yang telah melengkapi berkas selanjutnya akan disampaikan ke KPU Pusat. “Kalau tidak lengkap maka tidak akan dilakukan verifikasi administrasi kegandaan. Verifikasi administrasi ini berlangsung selama 15 hari terhitung 17 Oktober,” jelas Siti Khodijah.

Diketahui, sebanyak 16 parpol melakukan pendaftaran ke KPU Lamteng sejak dibuka 3 Oktober lalu. Partai pertama yang mendaftar, yakni Perindo pada Senin (9/10). Kemudian disusul Partai NasDem dan PDI Perjuangan pada Jumat (13/10).

Lalu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pada Minggu (15/10). Selanjutnya pada hari terakhir
pendaftaran Senin (16/10) hingga pukul 24.00 WIB, yang memasukan berkas adalah Partai Golongan Karya (Golkar), Partai
Berkarya, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Republik dan Partai Garuda. (jar/rid)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here