Ibu-Ibu Muda Makin Paham Pentingnya Imunisasi Dasar Bagi Balita

0
162
Kader posyandu rutin melakukan imunisasi.

BANGUNREJO-Imunisasi Dasar Balita di Posyandu Dahlia Kampung Bangunrejo, Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (18/10) usai dilakukan. Satu persatu Ibu-ibu muda menggendong bayi mereka ke Posyandu  (Pos Pelayanan Terpadu) di Balai Dusun untuk mendapatkan Imunisasi.

Menurut Ismi, imunisasi  dasar mencakup BCG, DPT  (1,2,3), campak, imunisasi tambahan pentavalen pada usia 18 bulan dan Imunisasi campak usia 2 tahun. Imunisasi  Dasar di Posyandu Dahlia ini dihadiri oleh sekitar 20-an Ibu beserta bayinya yang dimulai jam 08.00 WIB  hingga selesai.

Ibu-ibu muda ini menyadari pentingnya imunisasi dasar bagi kesehatan bayi mereka. Terbukti hingga siang hari semangat para ibu muda lainnya ke Posyandu semakin ramai. Selain imunisasi kegiatan lainnya di posyandu yang rutin dilakukan setiap bulannya juga dilakukan penimbangan berat badan.

Dengan cekatan para kader Posyandu melakukan proses penimbangan berat badan balita satu persatu secara bergiliran, kemudian dicatat berat badan bayi-bayi itu secara berurutan.

”Selain imunisasi dan penimbangan kami juga memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan lain sebagainya,” jelasnya.
Dengan jarum-jarumnya, bidan kampung yang dibantu kader posyandu tersebut, memasukkan cairan Imunisasi ke tubuh balita-balita itu. Tak pelak Isak-tangis si kecil pun tak terhindarkan, Ibu-ibu itu coba menenangkan bayi-bayi mereka dengan mengayunkan gendongan agar tangisannya reda.

Ia menambahkan, dengan sering dilakukannya posyandu dan imunisasi kepada balita yang ada di kampung ini, kesehatan dan perkembangan balita akan  terpantau dengan baik. Sebab, kesehatan balita dan warga menjadi tanggung jawab bidan kampung dan kader posyandu. Apalagi, bukan saja imunisasi yang dilakukan. Sebeb, palayanan KB pun diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga di kampung ini.

Diharapkan, posyandu dan imunisasi ini dapat setiap bulannya dapat diikuti dengan baik oleh seluruh balita yang ada di kampung setempat.

”Sehingga, kesehatan dan perkembangan balita melalui posyandu dan imunisasi bisa terlayani dengan baik. Selain itu, para balita bisa mendapatkan vitamin dan lainnya di posyandu,” pungkasnya.(win/cw25)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here