2018, Pemkab Lamteng Terapkan e-Planning

0
111

GUNUNGSUGIH – Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) mulai tahun depan akan menerapkan perencanaan pembangunan daerah secara elektronik atau  e-Planning. Penerapan sistem baru tersebut, berlaku di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lamteng, Abdulhak mengatakan, dengan penerapan e-Planning bertujuan untuk memudahkan SKPD dalam menyusun dokumen perencanaan. Pasalnya, selama ini masih berlangsung secara manual. ”Jadi tidak ada tawar menawar lagi. Tahun depan, program e-Planning ini akan diterapkan,” ujarnya, kemarin.

Menurut dia, diterapkannya e-Planning, untuk menyederhanakan pekerjaan yang selama ini terlalu lama memakan waktu. Kemudian bisa merapihkan perencanaan yang selama ini banyak yang tidak sesuai.

”Setelah saya pelajari, semua pekerjaan yang terkait dengan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan, termasuk di Bappeda itu bisa disederhanakan dengan sebuah aplikasi. Seperti aplikasi SIPPD yang ada di Bappeda,” terangnya.

Abdulhak melanjutkan, sistem e-Planning adalah sebuah alat penyusunan RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan kabupaten/provinsi agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010.

”Itu juga merupakan program pemerintah pusat dan secara nasional dilaksanakan oleh pemerintah propinsi dan daerah,” imbuhnya.

Abdulhak menambahkan, Bappeda merupakan suatu lembaga teknis daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah yang dipimpin oleh seorang kepala badan. Badan ini mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang perencanaan.

“Beratnya tupoksi yang diemban membuat Bappeda membutuhkan sebuah alat bantu yang memberikan keuntungan maksimal, baik dari sisi waktu maupun kualitas,” ujarnya.(rid)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here