Yuk, Bantu Saudara Kita, Putu Oka Wardana Pengidap Hidrosefalus

0
114
Putu Oka Wardana bersama ibunya, Iis Wardani.

SEPUTIHRAMAN – Putu Oka Wardana (6) warga Kampung Rama Indra (RI), Kecamatan Seputihraman, Lampung Tengah (Lamteng) membutuhkan uluran tangan.

Putra dari pasangan Putu Galih Darma Yoga (27) dan Iis Wardani (25) ini, menderita penyakit hidrosefalus. Karna keterbatasan ekonomi keluarga, membuat orang tua Putu Oka Wardana tidak bisa mendapatkan pengobatan yang layak.

Menurut Iis Wardani, peyakit yang diderita Oka mulai terlihat sejak usia 2 bulan. Awalnya, mengalami peningkatan suhu badan dan pendarahan di otak kecil.

Tidak lama berselang, tumbuh benjolan di bagian kepala belakang yang terus membesar hingga saat ini. ”Benjolannya berisi semacam cairan. Sekarang Oka seperti tidak memiliki rongga kepala bagian belakang,” ujarnya dengan nada sedih.

Sejak lahir sampai sekarang, menurut Iis, Oka tidak bisa berbicara. Hanya terdiam kaku, tidak seperti anak yang normal. Upaya pengobatan, sudah dilakukan.

”Dulu kami sekeluarga sudah berupaya megobati ke rumah sakit dan ke berbagai tempat pegobatan tradisional. Kata dokter, anak kami megalami peyakit hidrosefalus hingga harus ditangani serius,” ucap dia.

Karena tidak ada biaya, terpaksa dirawat di rumah. Pihak keluarga berharap bantuan dari dermawan untuk membantu biaya pengobatan anaknya. ”Kami orang tidak mampu, Mas. Suami saya hanya kerja serabutan. Itupun hanya cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” ceritanya.

Terkait hal ini, sejumlah jurnalis baik dari media cetak, elektonik dan online yang bertugas di Lamteng menggalang dana untuk membantu meringankan biaya pengobatan Putu Okta Wardana (6), selama tiga hari.

Aksi galang dana berlangsung di jalan raya dan sejumlah perkantoran dinas/instansi di Pemkab Lamteng. Menurut informasi, sudah lebih dari Rp5 juta yang terkumpul dan secepatnya akan segera disalurkan.(cw23/rid)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here