Polsek Kalirejo Gelar Operai Zebra

0
97
Jajaran Kepolisian Sektor Kalirejo, saat melakukan operasi Zebra di wilayah hukumnya.

KALIREJO – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kalirejo sejak Rabu (1/11) lalu, turut menggelar Operasi Zebra Krakatau 2017, di wilayah hukumnya, yang meliputi Kecamatan Kalirejo dan Kecamatan Sendangagung.

Operasi Zebra 2017 tersebut akan dilaksanakan hingga 14 November 2017 nanti, dimana operasi tersebut juga digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Bukan sekadar mencari kesalahan pengendara, Operasi Zebra yang digelar secara rutin setiap tahun, diharapkan menjadi pengingat bagi pengendara untuk mengutamakan keselamatan di jalan raya.

Demikian seperti yang disampaikan oleh Kanit Lantas Polsek Kalirejo, Bripka. Iqbal Imansyah, mendampingi Kapolsek Kalirejo, AKP. Edy Susanto, SH.M.M. Dikatakannya bahwa operasi Zebra yang dilakukannya yaitu dengan memeriksa para pengemudi kendaraan bermotor atau pengguna jalan, yang melintasi jalan raya Kalirejo, tentang kelengkapan fisik kendaraan serta kelengkapan suratnya . Dan semua yang melakukan pelanggaran pihaknya akan menindak tegas, hal itu untuk keamanan, keselamatan, ketertiban berkendara dan berlalu lintas.

Operasi Zebra tersebut dilakukan dengan cara terbuka. Melalui pendidikan masyarakat terkait berlalu lintas dan juga penindakkan tegas di lapangan dengan cara memberikan sanksi tilang bagi pengguna kendaraan yang melanggar aturan. Dan Penindakkan tersebut, disasarkan terhadap kelengkapan kendaraan dan pelanggaran lainnya. Sanksi tilang diberikan bergantung jenis pelanggarannya. Operasi zebra yang digelar tersebut juga sebagai bentuk penyadaran kepada pengendara ketika mengendarai kendaraan bermotornya.

”Operasi Zebra ini kami gelar setiap hari secara stasioner, yaitu beroindah-pindah dari satu titik ke titik lainnya di wilayah hukum Polsek Kalirejo, yaitu yang meliputi wilayah Kecamatan Kalirejo dan Kecamatan Sendangagung. Operasi ini juga sebagai upaya untuk menekan adanya lakalantas akibat pengendara tidak mematuhi aturan lalu lintas,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Kalirejo, AKP. Edy Susanto, S.H, M.M. Dia menambahkan imbauannya, agar masyarakat sebelum mengendarai kendaraan bermotornya terlebih dahulu dapat mempersiapkan kelengkapan kendaraannya, baik kelengkapan secara fisik maupun kelengkapan surat-surat kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM). Dan dapat selalu menggunakan helm pengaman, sabuk pengaman, dan lain-lain. Hal itu sangatlah  penting untuk menghindari resiko di jalan. (den)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here