Ini Prosedur Melangsungkan Pernikahan

0
92

BEKRI – Buku nikah atau yang biasa disebut dengan surat nikah, adalah salah satu dokumen dan bukti penting yang harus dimiliki oleh setiap pasangan suami-istri. Kepemilikan buku nikah tersebut, merupakan salah satu tanda keabsahan pernikahan di hadapan agama dan negara.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bekri, Lampung Tengah (Lamteng), Drs. Arpan, kepada Radar Lamteng mengatakan, saat ini buku nikah sangat diperlukan untuk urusan-urusan administrasi atau pendataan. Terutama pendataan tentang anak, sehingga dengan dipermudahnya layanan tersebut. Saat ini Kepala Kampung (Kakam) juga harus selektif mendata calon pengantin.

Menurutnya, prosedur pembuatan buku nikah secara resmi, harus melalui beberapa tahapan yang tidak boleh dilewati. Prosedur yang berlaku menurut Keputusan Menteri Agama (KMA), pertama, calon mempelai harus datang ke kelurahan dan meminta formulir N-1 sampai dengan N-4 yang dilampiri salinan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akta kelahiran, serta pas foto ukuran 2×3 sebanyak lima lembar.

”Jika calon mempelai berasal dari luar kecamatan, harus menyertakan surat rekomendasi dari kepala KUA setempat. Penyertaan surat rekomendasi bagi calon suami atau calon istri tersebut, digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan tidak memiliki masalah yang berkaitan dengan statusnya,” terang Arpan.

Setelah lengkap, persyaratan tersebut diserahkan kepada pembantu penghulu yang ada di kampung untuk diperiksa. Selain calon pengantin, pemeriksaan juga berlaku bagi calon wali atau saksi. Pemeriksaan tersebut meliputi, pemeriksaan tentang data-data diri dan data pribadi calon pengantin.

”Tujuannya adalah untuk mengetahui kebenaran status yang disandang oleh calon pengantin. Jika ditemukan hambatan atau halangan dalam pemeriksaan tersebut, maka harus ditindaklanjuti. Konsekuensinya, pernikahan terpaksa ditunda atau bahkan dibatalkan sama sekali,” terangnya.

Setelah tahap pemeriksaan oleh pembantu penghulu tersebut selesai, pembantu penghulu menyerahkan berkas-berkas kepada pihak KUA yang ada di kecamatan. Penyerahan berkas tersebut, paling lambat sepuluh hari kerja sebelum tanggal pernikahan. Setelah semua prosedur tersebut dipenuhi dan tidak ada masalah, pernikahan bisa dilangsungkan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Kemudian, buku nikah juga akan diserahkan kepada yang bersangkutan.

Ia menambahkan, yang termasuk hambatan pernikahan adalah ketidakjelasan status yang bersangkutan, yakni janda/duda dan hubungan ‘susuan’. ”Jika calon pengantin terbukti memiliki hubungan susuan, konsekuensinya adalah penolakan nikah oleh agama dan negara,” ujarnya.

Sedangkan jika hambatan terletak pada ketidak jelasan status calon pengantin, konsekuensinya adalah penundaan pernikahan sampai semua data lengkap dan status yang bersangkutan menjadi jelas. Jika calon pengantin adalah seorang duda atau janda, harus ada bukti tertulis yang menerangkan penyebab perceraian pernikahan yang sebelumnya.

”Jika yang bersangkutan menjadi duda atau janda karena suatu kematian, harus ada bukti formulir N-6 (kematian). Sedangkan jika perpisahan tersebut terjadi karena perceraian, harus ada bukti berupa surat cerai yang legal, agar buku nikah yang baru bisa dibuat,” terangnya.

Lanjutnya, bukti kepemilikan buku nikah sangat berguna untuk masa depan anak-anak. Jika orangtua tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan buku nikah, maka segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi anak-anaknya juga akan terhambat. Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, terutama bagi mereka yang hendak melangsungkan pernikahan untuk mendaftarkan atau menyerahkan berkas-berkas yang akan diperiksa, paling lambat sepuluh hari kerja sebelum pelaksanaan pernikahan.

Selain itu, ia juga mengharapkan, masyarakat yang hendak menikah, namun mengalami kendala atau hambatan yang tidak bisa dipecahkan di keluarga atau kelurahan, hendaknya segera mengajukan masalahnya tersebut ke KUA kecamatan. ”Semoga kami bisa memberikan solusi bagi yang bersangkutan, agar pernikahan bisa lancar dan sesuai rencana,” pungkasnya.(win)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here