Bupati Mustafa Ronda di Kampung Veteran

0
109
Bupati Lamteng Mustafa saat ronda di Kampung Purnamatunggal yang akrab disebut kampung veteran. Di sini, Bupati memberikan bantuan dan menyapa masyarakat serta mengajak untuk lebih aktif melakukan ronda.

WAYPENGUBUAN – Kabupaten Lampung Tengah menjadi salah satu kabupaten tertua di Lampung. Saat ini kabupaten berjuluk Bumi Jurai Siwo tersebut telah berusia ke-71. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa kabupaten ini  menyimpan banyak sejarah dan saksi perjuangan.

Masih melekatnya sisa-sisa saksi perjuangan kemerdekaan di Lamteng, meninggalkan satu kampung yang identik dengan kampung veteran. Kampung tersebut yakni Kampung Purnamatunggal, Kecamatan Waypengubuan yang dulunya banyak dihuni para veteran.

Sepintas tidak ada yang berbeda dengan Kampung Purnamatunggal, kecuali fakta sejarah yang menggambarkan para sisa-sisa perjuangan pahlawan terdahulu di kampung tersebut. Karenanya sampai saat ini Kampung Purnamatunggal dikenal dengan kampung veteran.

Memanfaatkan momen Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November, Bupati Lamteng Dr. Ir. Mustafa melakukan ronda di kampung tersebut Sabtu (11/11) dini hari.

Berkeliling dari pos satu ke pos lainnya, bupati ronda ini menyapa warga yang sedang bertugas ronda. Pada kesempatan itu, bupati juga menyempatkan diri menyambangi taman makam pahlawan di kampung setempat. Didampingi warga, Mustafa memimpin doa untuk arwah para Pahlawan.

“Mari kita kenang jasa-jasa para pendahulu kita, lalu kita teladani perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan. Alfatihah untuk para arwah Pahlawan kita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT,” ucap Mustafa diamini warga.

Memaknai hari Pahlawan, bupati muda ini berharap muncul banyak Pahlawan masa kini dalam segala kehidupan. Menurutnya bangsa ini membutuhkan banyak Pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

“Pahlawan masa kini bisa siapa saja yang bisa menghasilkan prestasi dan karya luar biasa bagi kehidupan bangsa Indonesia. Saat ini perjuangan bukan lagi dengan bambu runcing dan senjata lagi, tetapi berjuang untuk bersaing secara ide, gagasan, ilmu, ekonomi dan teknologi dalam era generasi milenial,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Waypengubuan, Dharif Ansori membenarkan bahwa Kampung Purnamatunggal disebut sebagai kampung veteran. Setidaknya ada 300-an purnawirawan TNI AD yang dimakamkan di Kampung Purnamatunggal, sementara 3 orang masih hidup.

Pihaknya mengapresiasi perhatian Bupati Mustafa yang punya kepedulian besar terhadap jasa para Pahlawan. “Di era beliau inilah, kini Lampung Tengah memiliki taman makam pahlawan. Malam ini beliau juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Purnamatunggal dan mendoakan para pejuang. Mudah-mudahan perhatian ini dapat ditingkatkan,” tandasnya.(*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here