Jadikan Generasi Muda Sebagai Pelopor Pembangunan

0
125
Kepala Kampung Bandaragung Slamet Sutopo membacakan pidato saat peringatan upacara hari Pahlawan.

TERUSANNUNYAI – Hari Pahlawan yang jatuh 10 November kembali diperingati di Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusannunyai, Lampung Tengah (Lamteng), Jumat (10/11). Upacara yang dihadiri ratusan siswa dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri beserta aparatur kampung setempat berjalan khidmat.

Kegiatan itu, berlangsung di lapangan merdeka kampung setempat. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kampung Bandaragung, Slamet Sutopo. Saat memasuki lapangan upacara, didampingi komandan upacara, Serka Sarudin, dan perwira upacara Bripka Perdhana.

Dalam pidatonya, Slamet Sutopo mengatakan, upacara tahun ini,  mengangkat tema *Jadikan Generasi Muda Sebagai Pelopor Pembangunan*. Dengan harapan, momentum peringatan tahun ini bisa membuat semakin bersatu padu membangun negeri.

”Momentum Hari Pahlawan ini, kita berharap generasi muda sebagai pelopor dalam mendukung program pemerintahan diantaranya program pembangunan dan lainnya. Yang terpenting adalah kita harus selalu ingat kepada Pahlawan karena negara ini berdiri atas jasa para pahlawan. Sebab, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawan,” ujarnya.

Menurutnya, kemerdekaan yang dimiliki dan bisa dinikmati generasi penerus saat ini harus bisa diisi dengan baik. “Sehingga semangat persatuan dan kesatuan bangsa harus terus dijaga dan ditingkatkan. Kita tak mau lagi sejarah penjajahan kembali terulang,” katanya.

Ia menambahkan, generasi muda khususnya siswa sekolah, diharapkan dapat meneruskan perjuangan para Pahlawan dengan cara meningkatkan prestasi pada dunia pendidikan.

”Perjuangan tidak hanya berperang melawan penjajah. Namun generasi muda bisa membuktikannya dengan prestasi-prestasi yang membanggakan negeri ini. Hal itu harus terus dilakukan demi mewujudkan tujuan akhir yang dinantikan segenap bangsa Indonesia, yakni adil dan makmur,” ujarnya.

Generasi muda, menurutnya, bisa meneladani para Pahlawan dengan melihat rekam jejak para pahlawan sehingga menginspirasi dan memotivasi untuk lebih banyak berkiprah. Sehingga bisa disebut sebagai Pahlawan masa kini. Misalnya, dengan mengerakan komunitasnya untuk berbuat lebih di lingkungan sosial.

”Terlepas itu, mari kita sama-sama mendukung program pemerintahan untuk kemajuan kampung lebih baik lagi. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang berasal dari berbagi unsur atas kehadirannya, sehingga upacara ini berjalan dengan baik,” tandasnya.

Upacara yang berlangsung selama 30 menit itu dilanjutkan dengan acara tabur bunga di taman makam pahlawan (TMP) Kampung Bandaragung. (cw25/rid)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here