Seputihbanyak dan Wayseputih Terima Pembinaan Seni Tari Disdikbud Lamteng

0
52
PEMBINAAN: Peserta pembinaan sanggar seni tari di Kecamatan Seputihbanyak dan Wayseputih berfoto bersama Camat Supriyanto, Kabid Kebudayaan Disdikbud Linggar Nunik Kiswari serta jajaran UPTD Pendidikan dan Kebudayaan. FOTO FARID ADHA

SEPUTIHBANYAK – Pembinaan sanggar seni tari gelombang pertama tahun 2018 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Tengah (Lamteng) untuk Kecamatan Seputihsurabaya dan Bandarsurabaya telah selesai.

Pembinaan gelombang kedua kembali digelar, Selasa (27/3). Kali ini, diikuti peserta dari Kecamatan Seputihbanyak dan Kecamatan Wayseputih.

Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Local Education Centre (LEC) Paramarta, oleh Camat Seputihbanyak, Supriyanto.

Dihadiri pula Kabid Kebudayaan Linggar Nunik Kiswari, S.Sn. MM., mewakili Plt. Kadisdikbud Lamteng Hi. Rosidi, S.Sos., serta perwakilan UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Seputihbanyak serta Wayseputih.

Camat Seputihbanyak, Supriyanto dalam pembukaanya mengucapkan terima kasih kepada pihak Disdikbud Lamteng, yang telah menggelar pembinaan sanggar seni tari untuk peserta di Seputihbanyak dan Wayseputih.

Kepada peserta yang merupakan guru kesenian di sekolah TK, SD dan SMP, Supriyanto berharap agar pembinaan itu diikuti dengan sungguh-suguh. Mengingat pentingnya tujuan pembinaan itu, dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah di Lamteng.

Terlebih, menurut dia, saat ini generasi penerus tengah dijajah oleh budaya barat melalui berbagai media. “Mari kita lestarikan budaya kita. Jangan sampai kalah dengan budaya barat yang kini tengah masuk dalam kehidupan generasi penerus kita,” ujar Supriyanto.

Pihaknya menambahkan, jika dipelajari dan dilestarikan, kebudayaan daerah di Lamteng tidak kalah menarik dengan budaya di daerah lain, bahkan budaya luar negeri sekalipun.

“Sekali lagi saya mengajak peserta untuk mengenali lebih jauh kebudayaan kita. Salah satunya dengan cara seperti ini. Mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Linggar Nunik Kiswari menjelaskan, road show pembinaan sanggar seni tari terus dilakukan oleh Disdikbud Lamteng dari tahun ke tahun.

”Tahun ini ada empat kecamatan. Bandarsurabaya dan Seputihsurabaya sudah selesai. Kali ini gilirian untuk Kecamatan Seputihbanyak dan Wayseputih yang akan berlangsung tiga hari, sampai Kamis 29 Maret 2018. Materi yang diberikan tentang tarian Ittar Mulei,” ujarnya di sela-sela pembinaan.

Menurut dia, pelatihan ini memiliki tujuan penting sebagai upaya memperkenalkan budaya Lampung kepada masyarakat luas. “Yang utama untuk melestarikan kebudayaan Lampung. Khususnya seni tari. Lalu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni tari Lampung dan meningkatkan kreativitas serta inovasi mengenai seni tari di Lampung Tengah,” pungkasnya. (rid)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here