DPRD Bantul Lirik Tiga Program Pemkab Lamteng Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Dikbud

0
46
CINDERAMATA: Asisten II Pemkab Lamteng Usman Nahrawi menyerahkan cinderamata kepada perwakilan DPRD Bantul yang melakukan kunjungan studi komparasi. FOTO IST

GUNUNGSUGIH – DPRD Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta melakukan kunjungan studi komparasi ke Pemkab Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (28/3/2018). Ada tiga bidang di sistem pemerintahan yang mereka pelajari dari Lamteng. Yakni ketanagakerjaan, kesehatan dan pendidikan.

Ketua Komisi D DPRD Bantul Fredi mengatakan, kultur Lampung Tengah yang mayoritas pendatangnya suku Jawa mencapai 60% menjadi salah satu acuan dilakukan kunjungan tersebut. “Kita ingin mengetahui program Pemkab Lamteng yang nantinya akan jadi perbandinga kita di Bantul,” ujar Fredi.

Fredi mengatakan, untuk di bidang kesehatan, pihaknya juga mengaku tertarik dengan program Pemkab Lamteng menggratiskan pasien berobat, cukup menggunakan rekomendasi kepala kampung dan camat. ”Ini baik sekali, dengan rekom kakam dan camat pasien bisa berobat gratis,” ungkapnya.

Sementara, untuk ketenagakerjaan, adanya pelatihan pemuda dijadikan wira usaha dinilai bisa mengangkat perekonomian. “Program (ketenagakerjaan) ini jug sangat baik sekali, apabila diterapkan dan dijalankan dengan benar maka pertumbuhan perekonomian bisa berkembang pesat,“ ujarnya.

Sedangkan terkait pendidikan dan kebudayaan (dikbud) Fredi ingin meliahat bagaimana Pemkab Lamteng bisa melestarikan keaneka ragaman suku budaya yang ada.

Sementara Asisten II Pemkab Lamteng Usman Nahrawi mewakili Plt Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengapresiasi kunjungan yang dilakukan DPRD Bantul.

Ia berharap kunjungan ini bisa mempererat hubungan Pemkab Lamteng dan Bantul di segala bidang. ”Kekurangan dan kelebihan yang ada tentunya bukan menjadi acuan kita bersama. Kita juga akan melihat program-program unggulan di Bantul, yang nantinya bisa kita terapkan di Lamteng,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here