154 Siswa SMK Pelita Bangunrejo Kunjungan Industri Ke PT Bukit Asam

0
49
SERAHKAN CINDRA MATA: Kepala SMK Pelita Bangunrejo, Lamteng, Drs. Suwari, saat menyerahkan cindra mata kepada perwakilah PT Bukit Asam, pada kunjungan indsutri beberepa waktu lalu.

BANGUNREJO – Kunjungan industri adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh 154 siswa-siswi SMK Pelita Bangunrejo, Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah (Lamteng) jurusan Administrasi Perkantoran (AP), Akuntasi (AK), Pemasaran (PM) dan Rekaya Perangkat Lunak. Kunjungan industri ini suatu kegiatan yang di lakukan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakoni oleh siswa atau peserta didik.

Dalam kunjungan industry yang dilaksanakan di PT Bukit Asam di Bandar Lampung, sebanyak 154 siswa SMK Pelita Bangunrejo. Mereka diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja. Rombongan diterima langsung oleh Manajer SDM dan Umum Ketut Sukayatnya yang juga mewakili GM PT Bukit Asam.

Menurut Kepala SMK Pelita Bangunrejo, Drs. Suwari, kunjungan industri ini juga akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja, agar siswa tidak kaget atau terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjngan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun.

”Tanpa ada kunjungan industri, siswa-siswi tentu saja akan merasa kaget atau tidak terbiasa dalam melakukan pekerjaan di dalam sebuah perusahaan. Mereka pasti sangat perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Jadi dengan adanya kunjungan industri siswa-siswi saya berharap dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industry,” ujar Suwari.

Lebih lanjut Suwari mengatakan, banyak sekali keuntungan yang didapat oleh pihak sekolah dalam kunjungan industri seperti ini. ”Alhamdulillah dengan adanya kunjungan ke PT Bukit Asam, SMK Pelita Bangunrejo dapat peluang untuk tempat praktik kerja dan dapat peluang jejaring info tentang peluang kerja,” jelas Suwari kepada Radar Lamteng, saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Agar lebih mendalami apa yang dipelajari dalam kunjungan ini, maka rombongan diajak secara langsung melihat-lihat proses pekerjaan diindustri yang dikunjunginya. Apalagi siswa-siswi diperkenankan bertanya kepada nara sumber, apa yang belum dimengerti dan diketahuinya. Terakhir supaya siswa-siswi tidak jenuh dan bosan mereka diajak karya wisata kesalah satu pantai yang ada di Provinsi Lampung yakni Pantai Pasir Putih.

”Terima kasih kami ucapkan atas kerja samanya dalam kunjungan ini, dan semoga dapat berlanjut menjadi suatu kerja sama yang lebih baik lagi.  Misalnya dilanjutkan dengan MOU untuk program tertentu yang saling menguntungkan,” demikian kata pamitan yang disampaikan Drs. Suwari diakhir acara kunjungan industri tersebut dan memberikan cindra mata kepada Manajer Humas dan Bina Lingkungan PT Bukit Asam, Ketut atau yang mewakili pada kesempatan tersebut menerima rombongan siswa-siswi SMK Pelita Bangunrejo di GSG PT Bukit Asam.(win)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here