Posyandu Tampilkan Panggung Boneka Lomba Ketahanan Keluarga BKB 2018

0
37
PANGGUNG BONEKA: Posyandu Kampung Totokaton, Kecamatan Punggur, dibawah binaan Dinas Kesehatan Lampung Tengah menampilkan panggung boneka pada penilaian Lomba Ketahanan Keluarga BKB tingkat provinsi pekan lalu. FOTO IST

PUNGGUR – Dinas Kesehatan Lampung Tengah berperan aktif terhadap pembinaan kader posyandu dan menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut memberikan sumbangsih untuk menyukseskan Lomba Ketahanan Keluarga Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Provinsi Lampung tahun 2018.

Posyandu Kampung Totokaton, Kecamatan Punggur, mewakili posyandu di Lampung Tengah dalam penilaian lomba tingkat provinsi. Posyandu merupakan bagian yang menjadi objek penilaian bagi tim provinsi. Sebab, peranan Posyandu erat hubungannya dengan ibu dan bayi balita.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Hairul Azman mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan balita melalui Posyandu yang berada di kampung-kampung. Sehingga, kasus stunting dapat dicegah sejak dini.

Pada penilaian lomba Ketahanan Keluarga BKB yang terintegrasi dengan Posyandu, menampilkan panggung boneka. Panggung boneka dengacerita tersebut bertujuan untuk menarik perhatian balita datang ke Posyandu. Jadi, balita akan senang dan tidak takut untuk dilakukan imunisasi.

“Anak-anak yang melihat pertunjukan panggung boneka cukup antusias. Ini menjadi salah satu yang kami lakukan untuk meningkatkan kunjungan ke Posyandu bagi para ibu dan balita. Tapi, sejauh ini kunjungan ibu dan balita kw Posyandu di Lampung Tengah cukup baik,” kata Hairul Azman.

Dengan inovasi yang dilakukan dan telah berjalan, ia berharap Lampung Tengah dapat terpilih menjadi pemenang dalam Lomba Ketahanan Keluarga BKB yang terintegrasi dengan Posyandu. Sehingga, dapat mewakili Provinsi Lampung ke lomba serupa di tingkat Nasional.

Sebelumnya, Lomba Ketahanan Keluarga BKB tingkat Provinsi Lampung tahun 2018 dilaksanakan di TK Pertiwi Kampung Totokaton, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, Rabu (18/4).

Lomba Ketahanan Keluarga Provinsi Lampung yang diketuai tim penilai Anggit Wardoyo, S.Sos., M.M. dan diterima langsung oleh Plt. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dan Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Tengah Ellya Loekman serta kepala Organasasi Perangkat Daerah (OPD).

Loekman mengatakan, bahwa pembangunan keluarga diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 52 tahun 2009, yaitu Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Pembangunan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tenteram, dan harapan masa depan lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here